Perbedaan Toko Online dan Marketplace, Wajib Tahu!

769 views

kudo-5

Kerja dari rumah identik dengan toko online dan marketplace. Jika Anda adalah seseorang yang bekerja dari rumah, tak bisa dipungkiri, Anda harus berurusan dengan dua hal ini atau salah satunya. Sudah tahukah Anda mengenai apa itu toko online dan marketplace serta perbedaannya? Apakah Anda masih tidak tahu? Tidak hanya untuk pekerja online, para pembeli dan masyarakat pun harus tahu mengenai dua hal ini. Simak pembahasannya berikut ini.

Toko Online

Mari kita kenali dulu konsep toko online. Mari kita analogikan toko online ini sebagai toko ritel yang dijalankan secara virtual. Pihak penjual kemudian memberikan barang secara grosir dan menjualnya secara retail kepada pembeli melalui perantara internet. Seperti halnya mempunyai toko offline, di toko online kita akan memperoleh keuntungan kotor dari hasil setiap produk yang terjual.

Selanjutnya, keuntungan tersebut harus disisihkan untuk memenuhi biaya pengiriman barang, packaging dan lain sebagainya. Bersaing di toko online ini menuntut penjual untuk terus berinovasi dan melihat peluang. Faktor pendukung kesuksesan lainnya adalah kemahiran pengelola toko online dalam memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization).

Bagi Anda yang masih tidak tahu mengenai SEO, SEO adalah sebutan untuk sebuah teknik yang akan membuat produk toko online kita muncul di daftar teratas dalam mesin pencari seperti Google misalnya. Menjadi “number one” di berbagai mesin pencari ini akan memberikan dampak positif yang banyak untuk usaha toko online.

Marketplace

Dari namanya saja sebanarnya sudah ketahuan bahwa marketplace dapat dianalogikan sebagai sebuah pasar. Marketplace ialah suatu tempat di internet dimana banyak pihak penjual dan pembeli berkumpul untuk melakukan transaksi jual beli. Pihak penyedia marketplace ini bersikap sebagai fasilitator yang mewadahi pertemuan tersebut.

Menggunakan marketplace untuk berbisnis tentu minim risikonya karena kita tidak perlu pusing membagi penghasilan kotor. Di marketplace keuntungan yang kita peroleh hanya dipotong biaya transaksi. Kita bisa menjumpai berbagai macam marketplace seperti Kudo, Tokop*dia, Laz*da, dan lain sebagainya.

Itulah pembahasan mengenai perbedaan toko online dengan marketplace. Bagi Anda yang ingin mulai kerja dari rumah, silahkan tentukan pilihan Anda.