Meriahkan Pesta Panen Padi dengan Sasa Santan Kelapa

243 views

Pesta panen padi tidak seperti pesta anak-anak yang merayakan ulang tahun. Semuanya berjalan alami. Hal itu saya rasakan betul ketika berada di tengah-tengah pesta. Kami saat itu memakai Sasa santan kelapa sebagai pelengkap acara. Soalnya acara itu sendiri berjalan dalam waktu singkat. Benar saja, santan kelapa dari Sasa ini mampu membawa pesta dalam kesuksesan.

WhatsApp Image 2017-12-20 at 23.26.25

Di daerah saya, acara-acara semacam pesta panen padi masih begitu meriah. Saya bangga menjadi putra daerah yang selalu menjaga warisan budaya nenek-moyang. Gelaran acara ini kami adakan saat malam tiba. Acara itu berlangsung kira-kira hingga pukul 11 malam. Tidak ada orang kampung yang tidur pada waktu itu.

Semuanya turut memeriahkan acara pesta panen padi. Ketika memanen pun kami lakukan bersama-sama. Sebab saat menanamnya juga bersama-sama. Gagal-suksesnya hasil panen padi kami tanggung bersama. Jadi ketika ada salah satu sawah yang gagal, maka yang lain memberikan sebagian hasil panen untuk pelipur lara.

Begitu pula sebaliknya. Sifat dan nilai kekeluargaan semacam ini sangat berarti untuk kami. Makanya, untuk membikin acara itu sendiri seluruh dana kami kumpulkan bersama. Seharian penuh kami memanen padi, bukankah pantas kalau malamnya diadakan pesta panen padi sekaligus syukuran terhadap nikmat yang kami rasakan?

Banyak sekali jenis makanan dan penganan yang tersedia. Tapi semuanya bisa direkap memakai santan kelapa olahan Sasa. Sekaligus minuman yang tersedia. Semua hadirin tidak kurang dari 100 orang. Cukup banyak, ya. Tapi anak-anak tidak dihitung meskipun mereka sangat ceria menatap api unggun di tengah-tengah acara.

Acara pesta digelar di tengah-tengah sawah yang sudah dialasi dengan jerami. Di atas jerami itu kami pasangi dengan terpal yang rapat biar bebas dari gangguan serangga. Udara yang berembus sangat dingin ketika malam bertambah malam. Namun acaranya tetap meriah dan mengasyikkan.

Ketika datang waktu makan, semuanya sangat antusias. Kehangatan seperti itu sangat jarang saya dapatkan ketika tinggal di perkotaan. Sungguh. Di kota orang-orangnya serba individualis. Semuanya berkorban demi diri sendiri. Tidak seperti kampung saya yang berkorban demi tetangga dan para warga pun tidak ada yang keberatan.

Ada 3 alasan kenapa kami memakai santan kelapa olahan Sasa. Kata ibu-ibu sekaligus juru masak pesta, santan Sasa itu praktis. Soalnya sudah matang. Jadi tinggal tuang saja. Selain itu, bahan-bahannya bebas pengawet dan tingkat kesegarannya sama dengan kelapa yang baru diperas langsung.

Berhubung acaranya harus meriah dalam waktu semalam, maka sangat merepotkan kalau santannya dibikin secara manual. Lagi pula banyak makanan dan minuman yang harus disediakan. Maka santan dari Sasa merupakan pilihan yang tepat. Toh, begitu makanan masuk mulut tidak ada yang mendeteksi perbedaan sama sekali.

Mungkin saya juga mau pakai setiap hari ketika mau masak di rumah. Lagi pula harganya juga terjangkau. Acara pesta panen padi itu berjalan lancar. Terutama saat ada tetua kampung menceritakan hikayat tentang pahlawan pra kemerdekaan Indonesia. Semuanya menyimak dengan saksama.

Acara pesta padi itu meninggalkan banyak kesan di hati dan pikiran saya. Betapa manusia ketika bersama-sama bisa tampil begitu mulia. Bahkan bayi yang ikut bersama dengan kami pun tampak lebih suci daripada bayi pada umumnya. Beruntungnya kampung di sekitar kampung saya masih menjaga tradisi yang sama dengan kami. ayo bersama kita gunakan Sasa Santan, Aslinya Santan dari Sasa Santan Kelapa

Leave a reply "Meriahkan Pesta Panen Padi dengan Sasa Santan Kelapa"