Kurang tidur memicu kegemukan

179 views

Trikotti.Com – Kurang tidur memicu kegemukan, Kurang tidur memicu kegemukan

Kurang tidur memicu kegemukan
Ingin memiliki berat dan bentuk tubuh ideal? Maka pastikan Anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Studi menunjukkan bahwa kebiasaan tidur yang benar bisa membantu Anda terhindar dari kegemukan dan menurunkan berat badan.

Menurut Direktur Physical Activity and Weight Management Research Center di University of Pittsburgh John M. Jakicic, orang yang jam tidurnya kurang di malam hari cenderung lebih mudah naik berat badannya. Bahkan kurang tidur juga jadi salah satu faktor utama yang ikut 'menyumbang' penambahan berat badan Anda.

“Ketika kualitas tidur Anda buruk atau kurang tidur, itu berarti Anda sudah merusak keseimbangan hormon di dalam tubuh yang mengakibatkan kenaikan berat badan,” ujar John, seperti dikutip dari CNN.

Ia menambahkan, semakin lama Anda terjaga, maka kemungkinan untuk ngemil lebih banyak pun bertambah. Setidaknya orang yang tidak tidur hingga dini hari akan mengonsumsi camilan dua hingga tiga porsi.

Sebuah studi yang dilakukan Proceedings of the National Academy of Sciences menguatkan teori John. Studi tersebut menemukan bahwa orang yang kurang tidur cenderung sering merasakan lapar karena tubuh memerlukan energi untuk tetap terjaga. Sayangnya, yang mereka konsumsi seringkali melebihi kebutuhan kalori harian dan itu bisa memicu kegemukan.

Jika Anda cukup istirahat di malam hari, maka di siang hari tubuh tidak akan merasa lelah. Sementara jika kurang tidur, tubuh akan mudah lemas dan lelah sehingga membuat Anda malas bergerak. Orang yang jarang beraktivitas fisik akan menumpuk kalori di dalam tubuh dan kelebihan berat badan pun tak terhindarkan.

Ketika Anda tak tidur di malam hari, tubuh akan mengalami ketidakseimbangan hormon yang membut Anda merasa lapar padahal tubuh sebenarnya sudah cukup mengasup kalori. “Hormon leptin dan ghrelin yang memicu nafsu makan terbentuk pada saat Anda tidur. Maka dari itu orang akan cenderung merasa lapar jika mereka tidak cukup tidur di malam hari,” jelas Dr. Jacob Teitelbaum, penulis buku “Real Cause, Real Cure: The 9 Root Causes Of The Most Common Health Problems And How To Solve Them.”

Selain itu ketika tidur, tubuh juga berusaha keras membentuk otot, memperbaiki dan memulihkan jaringan yang mungkin rusak atau terganggu saat Anda beraktivitas di siang hari. Untuk bisa melaksanakan 'tugasnya' Anda harus beristirahat dengan benar. “Semakin sedikit Anda tidur maka waktu bagi tubuh untuk melakukan proses yang vital ini juga berkurang,” tambah Jacob.

Pembentukan otot dan perbaikan jaringan yang kurang maksimal akan berpengaruh pada metabolisme tubuh. Metabolisme jadi melambat dan ini juga menjadi salah satu penyebab sulitnya berat badan turun.
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Kurang tidur memicu kegemukan, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Kurang tidur memicu kegemukan berguna untuk anda.

Leave a reply "Kurang tidur memicu kegemukan"

No related post!